Keunikan Bukit Cinta Ambarawa serta Mitos Yang beredar

3 min read

Berlibur adalah suatu kegiatan yang disukai banyak orang, tentunya dengan destinasi menarik yang memberikan banyak pengalaman baru. Kamu dapat menikmati beberapa objek wisata di Semarang terbaru selain Wisata Cimory yang belum pernah kalian kunjungi dengan mengecek sebelumnya melalui internet atau sosial media agar liburan lebih terencana. Kamu dapat mengunjungi Bukit Cinta Ambarawa saat pergi ke ibu kota Jawa Tengah tersebut. Yuk kulik info lengkap destinasinya di bawah ini!

Informasi Lengkap Tentang Destinasi Rawa Pening

1. Lokasi Objek Wisata

Lokasi destinasi wisata ini terletak di Kecamatan Banyubiru, yang berjarak sekitar 15 km dari pusat kota Kabupaten Semarang. Daya tarik yang membuat wisata ini unik adalah berdekatan dengan Danau Rawa Pening yang cukup legendaris di kalangan masyarakat. Yang dapat kamu nikmati dari destinasi ini juga perjalanan yang harus ditempuh karena memasuki area desa yang cukup asri dengan jalan yang sempit dan berlubang. Akan tetapi, justru itu pengalaman menarik yang tak terlupakan.

2. Asal Asul Nama Destinasi Wisata

Pemandangan yang disuguhkan untuk pengunjung adalah keindahan dari Rawa Pening dan bukit brawijaya yang cukup melegenda di tanah Jawa. Jika kamu menyukai langit sore saat matahari terbenam, tempat ini sangat cocok dikunjungi dengan orang terkasih. Kamu dapat menikmati sunset di gerdu pandang yang dapat dipakai untuk menikmati pemandangan Rawa Pening dan bukit brawijaya. Warna jingga melebur dengan jernihnya rawa adalah kombinasi lengkap.

Pemandangan yang disuguhkan tidak hanya rawa dan bukit, tetapi juga hamparan pohon pinus yang berwarna hijau. Keasrian pohon pinus dan keindahan rawa membuat destinasi ini banyak diminati turis, baik domestik maupun mancanegara. Banyak yang penasaran dengan nama yang melekat pada destinasi bukit cinta ambarawa Semarang ini. pasalnya diambil karena banyaknya pasangan muda mudi yang kencan atau berpacaran di tempat yang asri ini saat sore hari.

Artikel Terkait :  Indahnya Wisata Watu Gajah di Ungaran ini Membuat Pengunjung Betah

3. Keunikan Objek Wisata Ini

Keindahan tempat wisata satu ini dapat dinikmati dengan melakukan pendakian tangga yang berada di depan. Lalu pengunjung akan disambut juga dengan kerapatan pohon pinus yang menjadi peneduh di taman dan berbentuk seperti payung. Dengan begitu, pengunjung tidak akan merasa gerah saat berada di tempat wisata satu ini. Selain itu, terdapat pula aula besar di tengah tengah yang biasanya digunakan untuk lomba kicau burung oleh para pecinta burung di Semarang.

Keunikan yang ketiga, terdapat pula patung perempuan yang sedang menaiki lesung berwarna putih. Patung ini menjadi relief yang membuktikan adanya sebuah legenda besar di Semarang, yaitu Rawa Pening. Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat menikmati keindahan patung ular naga yang melingkari bukit. Patung ini menyambut para pengunjung yang akan menaiki bukit cinta ambarawa Semarang dengan misteri yang tidak terungkap hingga saat ini mengenai patung tersebut.

4. Daya Tarik yang Ditawarkan Objek Wisata

Daya tarik yang utama tentu saja pemandangan alam yang disuguhkan dengan kemegahan Gunung Merbabu, Telomoyo, dan Perbukitan Gajah Mungkur yang menjadi backgroundnya. Kamu bersama keluarga, teman, atau pacar sekalipun dapat menikmati waktu dengan duduk di sekitar taman atau bukit. Terdapat banyak sekali tempat duduk yang dapat kamu nikmati, jika lelah berjalan jalan sambil menghirup udara segar dan menikmati keindahan alam.

Tidak hanya itu, kamu yang sambil duduk di taman juga dapat sambil menunggui anak anak yang sedang bermain. Tersedia taman bermain, jungkat jungkit, ayunan, dan masih banyak lagi permainan lain. Objek wisata ini sangat ramah anak, sehingga tidak heran banyak dikunjungi keluarga karena banyak permainan untuk anak anak. kamu yang datang bersama kekasih pun dapat menikmati keindahan alam dan daya tarik lainnya yang juga tidak kalah menarik.

Artikel Terkait :  Pacu Adrenalin di Wahana Atlantic Dreamland | Tiket & Lokasi Salatiga

Selain menikmati pemandangan bukit cinta ambarawa Semarang, kamu juga dapat membawa seperangkat alat piknik beserta makanannya. Tikar dapat digelar di area yang cukup teduh agar lebih nyaman dan ditambah makanan yang dibawa dari rumah, seperti nasi, lauk, buah, makanan ringan, minuman, dan lain lain. Kerindangan dan udara sejuk dari pohon pinus dapat kamu nikmati dan abadikan dengan membawa alat fotografi, seperti kamera atau ponsel.

Jika kamu tidak membawa peralatan piknik, tidak perlu khawatir karena telah tersedia warung dengan beragam makanan dan minuman. Kamu pun dapat menyantap makananmu di tempat yang telah tersedia dengan terjamin kebersihannya. Tidak lengkap rasanya jika berlibur tanpa membawa oleh oleh untuk keluarga atau orang terkasih. Destinasi wisata ini juga menyediakan oleh oleh khas Banyubiru, yaitu keripik belut di beberapa tempat yang dapat kamu akses dengan mudah.

Ingin menikmati keindahan Rawa Pening dari dekat? Kamu dapat menyewa perahu selama 30 menit dengan kapasitas 6 orang. Harga yang perlu kamu keluarkan cukup sekitar 60 ribu rupiah tiap orangnya dengan dilengkapi pelampung, sehingga tidak perlu khawatir tenggelam. Kamu akan merasakan pengalaman pertama menikmati perahu di rawa yang luas dengan eceng gondok yang cukup rimbun, sehingga beberapa kali terasa perahu akan terbalik padahal tidak.

Terkait : Wisata Watu Gajah

5. Fasilitas yang Tersedia

Terdapat berbagai fasilitas yang tersedia untuk pengunjung, mulai dari fasilitas dasar yang harus dimiliki setiap tempat wisata hingga fasilitas unik lain. Bukit cinta ambarawa Semarang memberikan fasilitas berupa area parkir yang luas sehingga tidak perlu bingung mencari tempat parkir, tempat ibadah yang nyaman, dan toilet yang dijamin kebersihannya. Selain itu, ada pula fasilitas beberapa spot selfie menarik yang sangat sayang jika kamu lewatkan saat berkunjung ke tempat ini.

Artikel Terkait :  Umbul Sidomukti Deskripsi Harga Tiket & Lokasi di Semarang

6. Mitos yang Berkembang di Masyarakat

Mitos pertama yang berkembang adalah ada seekor ular yang menanti ibunya untuk diakui sebagai anaknya. Ular tersebut berukuran sangat besar yang berdiam di kawasan bukit hingga badannya melingkari sebuah gunung. Akan tetapi, takdir yang dialaminya sungguh tragis hingga akhir hayatnya. Bukan diakui, ia malah mati terbunuh dengan cara dipotong tubuhnya bahkan keinginannya tidak pernah terwujud. Oleh sebab itu, saat ini patung ular tersebut melingkari bukit.

Mitos yang kedua ini cukup banyak berkembang, sehingga selalu ramai diperbincangkan. Ada yang mengatakan bahwa sepasang kekasih yang belum mengikat janji suci dalam sebuah ikatan pernikahan disarankan tidak ke bukit cinta Ambarawa Semarang. Hal tersebut dikarenakan ada mitos yang mengatakan bahwa hubungannya tidak akan berjalan dengan baik. mitos satu ini belum dapat dibuktikan, tetapi justru menjadi daya tarik yang membuat orang penasaran.

√ Harga Tiket

Destinasi wisata Semarang satu ini sangat populer karena legenda, mitos, dan daya tariknya yang sangat menarik. Selain itu, harga tiket Bukit Cinta di Ambarawa yang harus kamu keluarkan juga cukup terjangkau yaitu htm 6 ribu rupiah di hari biasa dan htm 7,5 ribu rupiah di hari libur. Menariknya, tiket itu sudah termasuk semua daya tarik yang disuguhkan. Asrinya pohon pinus, indahnya rawa pening, dan gunung menjadi paket lengkap dan tidak ada duanya. Pengalaman baru dan menarik ini sayang untuk kamu lewatkan.

Avatar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *