Oleh-Oleh Khas Medan yang Paling Populer dan Tahan Lama

3 min read

Traveling ke kota Medan dan mengunjungi banyak tempat wisata rasanya pasti menyenangkan. Apalagi Medan yang terkenal dengan keindahan Danau Toba yang punya cerita legenda sendiri. Tidak hanya itu saja, kuliner asli Medan yang beragam membuat pengunjung semakin jatuh cinta. Maka dari itu selepas liburan jangan lupa membeli oleh-oleh khas Medan yang terkenal dan punya keunikan sendiri, Lokasi tidak jauh satu sama lainnya, ada banyak pilihan buah tangan selain berupa barang yaitu makanan. Tidak perlu khawatir kantong jebol karena harga yang ditawarkan sangat murah. Simak ulasannya berikut ini.

7 Buah Tangan dari Medan untuk Teman Dekat dan Keluarga

1. Bolu Meranti

All image from : tokopedia.com

Kue gulung ini mempunyai tekstur lembut dan creamy, ada rasa legit yang ikut menyatu dalam kue bolu. Bolu Meranti menjadi kuliner andalan orang Medan yang menyukai rasa manis dan gurih bersamaan. Berdirinya usaha bermula dari Nyonya Ai Ling yang iseng mencoba berbagai resep kue. Dari sekedar camilan saat arisan lalu mulai menerima banyak pesanan. Akhirnya bisa membuka toko kue Bolu Meranti dan semakin berkembang pesat, dan saking populernya usaha ini sudah mempunyai banyak cabang termasuk di Jakarta.

Bolu Meranti mempunyai beragam varian rasa diantaranya nanas, keju, strawberry, mocca, dan kacang. Camilan berat ini bisa bertahan sampai tiga hari jika diletakkan diluar lemari es. Setiap kemasan bolu dipatok harga 70 ribu sampai 150 ribu tergantung dari varian isi bolu. Kemasannya di desain apik dan praktis sehingga tidak mudah tumpah dibawa kemanapun. Anda bisa membeli camilan ini di Jalan Kruing 2K atau Jalan Sisingamangaraja.

Artikel Terkait :  8 Oleh-Oleh Khas Madiun yang Paling Terkenal

2. Kain Ulos

Jika kota Yogyakarta mempunyai kain batik, maka oleh-oleh khas Medan punya kain ulos. Kain ini merupakan kebanggan masyarakat Kota Medan Sumatera Utara, dan masih dipakai dalam berbagai upacara adat. Bentuk kain seperti selendang panjang yang biasa dipakai dengan cara diselempangkan, atau dibentuk ikatan di kepala. Proses pengerjaannya cukup lama dan ada teknik tersendiri, hanya perajin khusus yang mampu membuat kain paling cantik.

Kain ulos mempunyai perpaduan corak yang unik, dengan benang-benang yang tersulam halus. Gradasi warnanya membuat kain terlihat mewah dan cocok digunakan di perayaan besar. Konsep elegan yang mendominasi ini membuat harga kain ulos sangat mahal, bahkan dulu hanya bisa dimiliki orang-orang kaya. Harga kain ulos paling murah sebesar 1 juta hingga 10 juta, sedangkan kain ulos dengan detail songketan bisa mencapai 100 juta.

3. Pancake Durian

Bagi anda pecinta olahan durian mungkin perlu mencoba Pancake Durian dari Medan. Jika pancake pada umumnya berbentuk bulat ceper seperti surabi. Maka kudapan khas Medan ini berbentuk seperti dadar gulung dengan isian yang padat. Bagian kulit pancake terbuat dari adonan tepung, lalu diisi dengan daging durian yang rasanya lezat. Dalam satu kali gigit rasa durian seperti melebur ke dalam mulut. Aroma manis durian dan tepung bersatu sungguh menggugah selera.

Oleh-oleh khas Medan ini mempunyai beragam varian rasa mulai dari original, mocca, coklat, hingga pandan. Semua varian tersebut bisa anda coba dengan membelinya seharga 40-60 ribu per pack isi 10. Anda akan merasakan sensasi durian lembut dan terasa lumer saat masuk dalam mulut. Pancake Durian khas Medan bisa dibeli di sekitar Jalan Sekip, tidak perlu khawatir tumpah karena pancake dibalut dengan kemasan apik.

4. Bika Ambon

Mungkin terdengar agak aneh dengan nama Ambon diantara kuliner khas Medan. Namun ternyata makanan ini sudah terkenal di kalangan masyarakat Medan. Ciri khas Bika Ambon berbentuk balik dan berwarna kuning seperti spons. Olahan ini terbuat dari campuran tepung tapioca, air nira, telur, gula, dan beberapa rempah. Proses pembuatannya butuh waktu seharian karena air nira butuh difermentasi selama 10 jam.

Artikel Terkait :  Daftar Oleh-Oleh Khas Kediri Jawa Timur Yang Terkenal

Bika Ambon disajikan dengan berbagai varian rasa mulai dari durian, keju, moka, pandan, dan pandan keju. Oleh-oleh khas Medan ini tersedia dalam 2 bentuk, yaitu bentuk kotak besar dan kotak kecil. Satu kotak Bika Ambon besar dibeli mulai harga 50 ribu, sedangkan kotak kecil sekitar 30 ribu. Namun harga tersebut bisa berubah sesuai dengan pilihan rasa yang diinginkan. Anda bisa membeli Bika Ambon di toko oleh-oleh sekitar kawasan wisata.

5. Teri Bajak

Diluar sana ikan teri sering diolah menjadi lauk atau sambal sebagai pendamping nasi. Bedanya di Medan teri dibuat makanan khas masyarakatnya, dan kini merambah menjadi kuliner khas. Teri ditambah dengan bumbu racikan sambal lalu diaduk bersama hingga matang. Setelah itu dibungkus dalam kemasan modern untuk dipasarkan ke wisatawan. Saat memakan teri bajak, anda akan merasakan sensasi pedas dan gurih di dalam mulut.

Rasa pedas yang dihasilkan berasal dari cabai, bercampur dengan renyahnya teri berbentuk kecil-kecil. Teri Bajak tersedia dalam beberapa varian seperti sambal merah dan sambal rawit. Oleh-oleh khas Medan ini sanggup bertahan di ruangan terbuka selama 1 minggu. Tambahan kacang yang sudah dishangrai membuat rasa Teri Bajak semakin nikmat. Dalam satu kemasan zip lock plastic isi 200 gram, dipasarkan dengan harga 40 ribu rupiah.

6. Kopi Sidikalang

Jika anda bosan dengan rasa kopi yang rasanya standar, maka perlu mencoba Kopi Sidikalang dari Medan. Kopi jenis Arabika dan Robusta banyak diburu oleh para wisatawan saat membeli oleh-oleh. Robusta memiliki kadar kafein sekitar 70-80 persen sedangkan Arabika hanya setengahnya. Biji kopi dari Desa Sidikalang mempunyai kualitas unggulan dengan aroma yang menggugah.

Artikel Terkait :  √ Oleh-Oleh Khas Banyuwangi Makanan & Kerajinan

Untuk membuat Kopi Sidikalang hanya memerlukan 1,5 sendok kecil bubuk kopi. Lalu tambahkan 200 ml air hangat, dan sedikit gula jika anda pecinta manis. Tetapi disarankan untuk menyajikan kopi dalam keadaan pahit. Hal ini agar kandungan kafeinnya lebih terasa, dan kuat tidak tidur sampai berjam-jam. Untuk kopi Arabika biasa seharga 30 ribu dan premium 60 ribu, sedangkan Robusta bisa mencapai 65 ribu per 200 gram.

7. Sirup Markisa

Oleh-oleh khas Medan adalah yang terbuat dari buah markisa yang sudah bebas dari biji. Sirup mempunyai ciri khas rasa asam manis namun tetap nikmat di lidah. Diproduksi mulai tahun 1954, Sirup Markisa menggunakan resep turun temurun dan disajikan tanpa bahan pengawet. Karena terbuat dari buah markisa asli jadi tidak heran jika sirup kaya nutrisi. Ada kandungan vitamin C yang berfungsi untuk mengatasi sakit sariawan dan bibir pecah-pecah.

Satu botol Sirup Markisa dijual dengan harga mulai 150 ribu, dan dikemas dalam kerdus kecil. Anda bisa menikmati kesegaran sirup dengan tambahan es batu, atau menyimpannya dalam lemari es. Minuman ini aman dikonsumsi untuk anak-anak, karena tidak mengandung pemanis buatan. Sirup Markisa bisa dibeli saat anda sedang berlibur ke kota Medan.

Terkait : Oleh-Oleh Khas Kediri

Kota Medan memang surganya wisata alam dan kuliner khas masakan Sumatera. Ada banyak wisata yang bisa anda kunjungi, tidak cukup rasanya hanya tinggal satu atau dua hari. Setelah agenda liburan anda selesai, maka wajib membawa pulang oleh-oleh dari Medan. Ada beberapa rekomendasi oleh-oleh yang tahan lama dan kekinian ditahun 2020 ini bisa anda berikan sebagai buah tangan untuk kerabat.

Avatar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *