√ 8 Oleh-Oleh Khas Madiun yang Paling Terkenal

3 min read

Kota Madiun adalah salah satu kota yang ada di Jawa Timur dan memiliki kebudayaan khas dari daerah asalnya. Kota yang lebih dikenal sebagai kota dagang dan industri ini memiliki kebudayaan dongkrek. Namun tak hanya memiliki budaya yang berbeda dan unik, makanan khas dari Madiun juga tidak kalah enak dan wajib untuk dicoba. Yuk simak apa saja oleh-oleh khas Madiun yang bisa anda coba.

Jajanan Khas Madiun yang Bisa Dijadikan Bingkisan Tangan

1. Sambal Pecel

All Image From : tokopedia.com

Sudah banyak yang mengetahui jika pecel adalah simbol dari kota madiun. Hal ini terbukti dengan adanya patung simbol pecel yang dibangun di beberapa titik kota tersebut. Pecel khas Madiun sendiri sangat diminati oleh banyak orang karena memiliki rasa yang khas dan tidak sama dengan pecel lainnya. Beberapa daerah seperti Blitar, Pacitan, Ponorogo juga menjajakan pecel. Namun pecel Madiun dijamin nendang di lidah dan membuat anda ketagihan.

Olahan sambal pecel sendiri terbuat dari kedelai yang sudah di goreng kering dan ditumbuk dengan halus. Biasanya masyarakatnya akan menggiling pecel tersebut menggunakan alat penggiling dan mencampurkan dengan bahan bahan tertentu. Adapun bahan bahan yang digunakan adalah cabai, daun jeruk, serta bumbu rempah yang memiliki citarasa yang cenderung manis pedas. Harganya pun sangat murah yaitu sekitar Rp.9.000.- per bungkus.

2. Brem Khas Madiun

Jajanan yang cocok untuk dijadikan oleh oleh dari Madiun selanjutnya adalah brem. Brem sendiri dikenal sebagai ikon dari kota tersebut. Pada dasarnya brem dibuat dari sari ketan yang telah difermentasikan dan memiliki bentuk kotak pipih dengan warna putih serta kuning. Namun seiring berjalannya waktu brem ini kemudian memiliki banyak rasa rasa mulai dari jeruk, strawberry, melon dan lain sebagainya.

Artikel Terkait :  √ Oleh-Oleh Khas Banyuwangi Jawa Timur Makanan & Kerajinan

Saat anda mengunyah oleh-oleh khas Madiun satu ini, dijamin akan langsung lumer di mulut. Pasalnya brem memiliki tekstur yang akan melebur dan memberikan sensasi dingin serta manis saat masuk mulut. Anda bisa menemukan brem di beberapa oleh oleh yang ada di Madiun. Harganya pun ramah di kantong yaitu hanya sekitar Rp. 5.000.- hingga Rp. 15.000.- rupiah saja anda sudah bisa membawa brem tersebut ke orang terdekat.

3. Kue Manco

Makanan enak khas Madiun yang juga bisa dijadikan oleh oleh adalah Kue Manco. Kue yang memiliki bahan dasar dari ketan ini awalnya terbuat dari ds. Tambak Mas. Awalnya kue ini adalah salah satu warisan nenek moyang yang paling legendaris dan masih eksis hingga hari ini. Jajanan ini tersedia dalam beberapa rasa mulai dari ketan beras hingga kacang. Selain itu rasanya yang gurih dan manis juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelancong.

Anda bisa menemukan kue manco ini di beberapa pusat perbelanjaan dengan harga yang berbeda beda. Umumnya harga yang dibandrol sekitar Rp. 5.000 hingga Rp. 10.000 per bungkusnya. Jajanan dari Madiun ini sangat cocok jika dinikmati bersama dengan orang orang terdekat sembari bercengkarama ceria. Oleh-oleh khas Madiun ini juga bisa menjadi teman kopi atau teh hangat di pagi hari.

4. Madumongso

Sebagian dari anda mungkin belum mengenal apa itu Madumongso bukan? Madumongso adalah salah satu buah tangan khas Madiun yang sangat populer di kalangan para pelancong. Jajanan khas Madiun ini dibuat dari ketan hitam yang kemudian diolah menjadi tape melalui fermentasi. Kemudian bahan tersebut akan dimasak bersama campuran gula dan santan hingga teksturnya menyerupai dodol.

Artikel Terkait :  Daftar Oleh-Oleh Khas Kediri Jawa Timur Yang Terkenal

Kemudian jajanan ini akan dibungkus dengan kertas warna warni yang memiliki rasa manis dan sedikit asam. Sehingga membuat siapa saja merasa ketagihan jika merasakan satu gigitan Madumongso saja. Anda bisa menemukan dengan mudah Madumongso tersebut di pusat perbelanjaan oleh oleh. Harganya pun relatif murah yaitu sekitar Rp. 65.000.- saja per kilogramnya.

5. Bluder Cokro

Makanan yang bisa dijadikan pilihan untuk dibawa adalah bluder cokro. Kue ini sudah berdiri pada tahun 1889 oleh Nyonya Susana yang menggunakan resep orang Belanda. Namun seiring berkembangnya teknologi akhirnya bluder cokro diinovasi dengan banyak sekali varian rasa yang bisa memanjakan pelangganya. Anda bisa memilih varian rasa seperti kismis, cokelat, keju, abon, kacang, fruity tam, selai nanas hingga original.

Kue yang memiliki cita rasa yang manis dan bertekstur lembut ini sangat cocok untuk dijadikan buah tangan bagi semua kalangan. Selain itu makanan ini juga awet dan tahan lama hingga 6 hari lamanya karena dibuat secara tradisional serta bebas bahan pengawet. Untuk mendapatkan kue ini anda harus datang langsung di toko yang Bluder Cokro tersebut yang berada di Jln. Hayam Wuruk No. 51-53. Untuk harganya juga sangat murah yaitu sekitar Rp. 8.000 hingga Rp. 10.000 saja.

6. Pentol Corah

Makanan yang wajib anda coba saat berkunjung ke Madiun adalah pentol corah. Kuliner yang terbuat dari campuran tepung terigu, kanji dan aneka bumbu rempah ini sangat cocok untuk dijadikan buah tangan. Perbedaan pentol corah dengan pentol pada umumnya adalah bentuknya yang kotak dan memiliki ukuran yang tebal. Daya tarik kuliner Madiun in adalah sambal pentol curah yang sangat pedas dan membuat anda ketagihan.

Artikel Terkait :  √ 7 Oleh-Oleh Khas Medan Terbaik 2020

Agar terasa lebih nikmat, anda bisa menikmati pentol corah ditemani dengan ceker ayam goreng serta kerupuk. Umumnya pentol corah sangat mudah ditemui di toko oleh-oleh khas Madiun dengan harga yang terjangkau. Anda juga bisa membeli pentol corah ini langsung di warung yang menyediakan pentol pedas satu ini. Harganya pun sangat murah yaitu sekitar Rp. 5.000.- saja perbungkusnya.

7. Kripik Tempe

Camilan yang ringan dan bisa dijadikan pilihan untuk oleh oleh dari Madiun adalah kripik tempe. Camilan ini sangat mudah ditemui di beberapa daerah lain namun keripik tempe Madiun memiliki cita rasa yang khas. Hal ini karena proses pembuatannya menggunakan resep turun menurun yang sudah digunakan sejak puluhan tahun lalu. Anda bisa menemukan keripik tempe di sejumlah toko oleh oleh yang tersebar di Madiun dan harganya pun sangat terjangkau.

8. Kue Semprong

Jajanan khas Madiun yang ringan dan sangat cocok untuk dibawa pulang sebagai oleh oleh adalah kue semprong. Kue khas dari kota gadis ini terbuat dari bahan campuran tepung tapioca, gula merah serta kelapa. Makanan ini memiliki berat yang sangat ringan dan bisa bertahan hingga 8 bulan jika dikemas dengan rapi. Kue yang renyah ini hampir mirip dengan egg roll dan bisa dijadikan oleh-oleh khas Madiun yang ramah di kantong.

Itulah beberapa jajanan khas Madiun yang sangat cocok untuk dijadikan buah tangan saat berkunjung ke kota gadis ini. Anda bisa memilih jajanan khas Madiun mulai dari pecel, brem, madumongso, pentol corah hingga kue semprong. Dapatkan semua jajanan khas Madiun tersebut di beberapa toko oleh oleh terdekat. Jangan khawatir harga, karena semua jajanan tersebut sangat ramah di kantong. Jadi kira kira jajanan mana yang akan dijadikan buah tangan?

Avatar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *