Daftar Oleh-Oleh Khas Kediri Jawa Timur Yang Terkenal

7 min read

Saat kalian akan pergi berwisata ke sebuah tempat maka teman dan kerabat kalian akan meminta kalian membawakan barang atau buah tangan. Nah, hal ini biasanya dikenal dengan oleh-oleh. Oleh-oleh yang kalian bawakan biasanya merupakan hal yang khas dari daerah tersebut.

Ada banyak tempat dengan keunikan yang berbeda di negara kepulauan kita ini. Sehingga tidak akan menjadi hal yang mengherankan bila oleh-oleh yang kalian bawa setiap kalian berpergian kerap berbeda. Kalian yang mengunjungi satu daerah mungkin akan kebingungan saat diminta untuk memilih satu dari banyaknya oleh-oleh yang ada.

Oleh karena itu, artikel yang satu ini akan membantu kalian menemukan oleh-oleh dari salah satu daerah Jawa Timur yang terkenal. Tempat yang satu ini kalian kenal dengan kota Kediri. Kota yang satu ini memiliki banyak sekali oleh-oleh yang dapat kalian pilih. Maka karena itu, artikel yang satu ini akan menjelaskan oleh-oleh khas kediri yang terkenal.

Dengan begitu, kalian yang mengunjungi tempat ini dapat mengurangi skala pencarian kalian dan fokus pada beberapa makanan yang akan dikabarkan di bawah ini. Jadi, pastikan kalian menyimak artikel ini dengan fokus sambil menggulir turun layar ponsel kalian. So, check it out, guys!

Ketahui Keunikan Kota Kediri Sebelum Membeli Oleh-Oleh Khas Kediri Yang Terkenal

Sebelum membeli oleh-oleh khas kediri yang terkenal, kalian tentunya akan mengunjungi berbagai tempat yang ada di tempat ini terlebih dahulu, bukan? Tentu saja, pada umumnya membeli oleh-oleh merupakan destinasi terakhir yang akan kalian tuju. Biasanya, setelah itu kalian akan langsung bertolak ke kota asal kalian kembali.

Nah, keunikan kota Kediri yang pertama dapat kalian temui saat memasuki pusat kota dari kota yang satu ini. Dapat kami pastikan kalian melalui kawasan Ringin Sarah. Benar sekali, kawasan ini diberikan nama seperti itu karena ada pohon beringin yang besar di samping salah satu lapangan yang ada di kota ini.

Selain oleh-oleh khas kediri yang terkenal, selama kalian berlibur di kota yang satu ini kalian dapat menemukan tempat wisata alam yang sangat menyenangkan. Yup, wisata gunung kelud merupakan salah satunya wisata alam yang terdapat pada kota ini. Kemudian, kalian juga dapat mengunjungi ikon dari kota ini. Monumen Simpang Kediri merupakan tempat yang sangat cocok bagi kalangan muda.

Hal ini dikarenakan tempat ini mirip dengan salah satu tempat terkenal dari negara Prancis. Kalian dapat menikmati hal yang sulit kalian dapatkan di kota metropolitan. Benar sekali, hal tersebut adalah menikmati sunset dengan panorama indahnya pada gedung ini. Dengan demikian, perjalanan kalian akan terasa jauh lebih menyenangkan.

√ Oleh-Oleh Makanan Khas Kediri Yang Terkenal

1. Kerupuk Upil

Nah, oleh-oleh kediri yang terkenal ini memiliki nama yang sangat unik sebagai salah satu jenis kerupuk. Yup, nama dari kerupuk yang sangat terkenal ini adalah kerupuk upil. Kalian perlu mengetahui alasan kerupuk ini diberikan nama seperti ini. Tepat sekali, hal ini dikarenakan kerupuk ini memiliki bentuk yang kecil.

Warna asli kerupuk ini adalah putih yang tampak keabuan-abuan. Meskipun memiliki nama yang cukup unik, rasa kerupuk ini sangat lezat. Perpaduan antara rasa asin dan renyah yang dihasilkan mampu membuat kalian terus memakannya. Selain itu, menemukan kerupuk yang satu ini cukup mudah. Kalian dapat menemukan kerupuk ini di warung makan atau toko yang terbuka di pinggiran jalan.

Artikel Terkait :  √ 8 Oleh-Oleh Khas Madiun yang Paling Terkenal

2. Carang Mas

Makanan selanjutnya yang dapat kalian jadikan oleh-oleh khas keduri yang terkenal ini juga tidak perlu membuat kalian pergi ke pusat oleh-oleh. Meskipun demikian, rasa dari makanan ringan ini sangat khas membuat banyak turis yang berminat mencobanya. Makanan yang satu ini pada umumnya menggunakan ubi jalar sebagai bahan utamanya.

Benar sekali, kami berikan standing applause untuk kalian yang menjawab bahwa nama makanan ini adalah carang mas. Rasa dari makanan tradisional khas kota ini cenderung manis dan sedikit lengket. Selain itu, sesuai dengan namanya makanan tradisional ini bewarna emas kecoklatan.

Bila tidak di pusat oleh-oleh dimana kalian dapat menemukan oleh-oleh khas kediri yang terkenal ini? Tepat sekali, kalian dapat menemukan makanan yang satu ini di pasar tradisional yang ada karena ini merupakan camilan tradisional. Karena ditemukan di pasar maka oleh-oleh yang satu ini menjadi sangat terjangkau ya, guys!

3. Tahu Takwa

Sebagian dari kalian tentu mengetahui nama lain yang kerap disapa juga dengan kediri. Yup, nama tersebut adalah kota tahu. Oleh karena itu, kalian dapat menjadikan makanan yang satu ini sebagai oleh-oleh untuk kerabat kalian. Dugaan kalian sepenuhnya benar bila menjawab makanan yang satu ini dikenal dengan nama tahu takwa.

Tahu ini menjadi lebih berbeda dan unik ini pada saat kalian menggoreng tahu ini. Saat kalian menggoreng tahu ini, maka kalian akan menemukan tahu ini memiliki kulit luar yang renyah dan sangat enak. Akan tetapi, bagian dalam tahu tetap lembut. Faktir tersebut berhasil membuat tahu ini menjadi salah satu oleh-oleh khas kediri yang terkenal dan patut dicoba oleh kalian.

Seperti pada umumnya, kalian tidak dapat menemukan tahu ini di pusat oleh-oleh. Hal ini disebabkan hanya sedikit pusat oleh-oleh yang menyediakan makanan basah ini. Jadi, akan lebih baik bagi kalian untuk mencari makanan yang satu ini di pasar tradisional atau toko di pinggir jalan.

√ Oleh-Oleh Khas Kediri Kecamatan Pare

1. Tahu Pong

Nah, oleh-oleh khas kediri pare ini benar-benar tidak boleh dilewatkan. Jika kamu sedang berwisata. Sudah pasti kamu dapat menemukan makanan yang satu ini dalam berbagai toko atau tempat yang ada. Tidak hanya Kampung Inggris saja, kota ini juga dikenal dengan julukan Kota Tahu.

Pastinya, berbeda dengan tahu yang biasa kamu konsumsi. Tahu ini memiliki cita rasa kuliner yang khas dari kota yang satu ini. Tentunya, tahu pong ini bentuknya tetap seperti tahu karena bahan dasarnya adalah tahu. Meskipun cara pengolahan yang ada sama, kamu pasti akan tau rasanya yang berbeda.

Oleh-oleh khas kediri pare yang satu ini merupakan tahu kuning. Namun, tahunya telah digoreng hingga bagian tengahnya menjadi kosong. Saat kamu menggigit tahu kubus ini, kamu akan segera mengempiskan tahu. Selain karena kosong, tahu juga tidak garing. Tetapi, tahu khas ini paling cocok kamu gabungkan dengan menikmati sambal petis.

2. Tahu Kuning

Bukan tahu kuning biasa seperti yang kamu bayangkan. Jika seperti itu, tidak akan ada nilai spesial dari buah tangan ini sendiri. Tahu ini seringkali disebut dengan nama Tahu Takwa. Jika kamu mengunjungi Kediri, cobalah tanyakan pada orang mengenai Tahu Takwa. Pastinya, mereka akan segera membawa kamu ke toko terdekat.

Semua oleh-oleh khas kediri pare memang kebanyakan direbut peringkatnya oleh tahu. Tahu yang dikenalkan oleh pengusaha yang berasal dari China ini sudah menjadi ciri khas semenjak tahun 1912. Sudah lama sekali jika dihitung mundur dari sekarang. Namun, tetap saja masih menjadi pujaan hati semua orang.

Artikel Terkait :  √ Oleh-Oleh Khas Banyuwangi Jawa Timur Makanan & Kerajinan

Tahu yang disebut-sebut dengan nama takwa ini mempunyai arti sendiri. Takwa mengartikan aroma dari tahu sendiri. Arti dan nama ini berasal dari Bahasa Mandarin yang diciptakan oleh Bah Kacung. Warna tahu sendiri kuning, sedikit tidak sama dengan yang umumnya orang kenal.

Berbeda juga dengan rasa yang kamu pernah cicipi. Oleh-oleh khas kediri pare ini sangat cocok bila dicampurkan dengan saus atau kecap. Biasanya, orang-orang memakannya dengan sambal petis dan dijadikan lauk pauk. Kamu pasti ingat rupanya jika tau bahwa tahu ini adalah yang biasanya dikemas dalam kotak anyaman. Hanya dapat bertahan untuk waktu singkat, sekitar tiga sampai dengan lima hari.

√ Oleh-Oleh Khas Kediri Jawa Timur

1. Tahu Takwa

Tahukah kalian jika Kediri juga dijuluki sebagai kota tahu? Tahu merupakan oleh-oleh khas Kediri Jawa Timur yang tidak boleh kamu lewatkan ketika berkunjung kesini. Bahkan ada yang bilang jika ke Kediri dan tidak mencoba tahunya, maka belum bisa dikatakan berkunjung kesini.

Lalu, apa yang menjadikan tahu ini begitu istimewa dibanding tahu-tahu yang lainnya? Jawabannya adalah, tahu takwa khas Kediri memiliki kepadatan yang tidak dimiliki oleh tahu lain. Bahkan, tahu ini tidak akan pecah bahkan jika kalian banting sekalipun.

Selain itu, tahu takwa ini juga memiliki karakteristik warna kuning hingga bagian dalam tahu. Warna ini diperoleh dari campuran kunyit dan rempah-rempah lain yang dimasak dengan waktu yang sangat lama. Itulah yang menjadikan oleh-oleh khas Kediri Jawa Timur ini begitu istimewa.

Untuk bisa mendapatkan makanan istimewa ini kalian bisa mengunjungi POO (Pusat Oleh-Oleh) yang banyak tersebar sejak dari gerbng masuk wilayah bagian barat, timur, selatan, maupun utara. Hanya saja, jika kalian menginginkan untuk bisa membelinya langsung dari rumah produksi, maka kalian bisa mengunjungi area jalan Pattimura dan jalan Brawijaya.

2. Gethuk Pisang

Nah ini juga salah satu dari oleh-oleh khas Kediri Jawa Timur yang mungkin akan sulit sekali kalian temukan di tempat lain. Jikalau pun ada, bisa dipastikan cita rasa di dalamnya tidak akan sekaya cita rasa gethuk gedhang asli Kediri. Makanan ini adalah salah satu olahan pisang paling fenomenal.

Perpaduan antara rasa manis dari pisang, gurih dan asam bercampur menjadi satu kesatuan yang siap menggoyangkan lidah kalian. Sampai saat ini belum ada yang tahu secara pasti bahan apa saja yang digunakan dalam pengolahan gethuk fenomenal ini.

Untuk bisa mendapatkan oleh-oleh khas Kediri Jawa Timur yang satu ini kalian juga bisa mengunjungi POO yang ada disepanjang jalan. Atau kalian juga bisa mengunjungi jalan Brawijaya dan jalan Pattimura tempat produksi tahu takwa dan street food Kediri. Karena biasanya tahu takwa dan gethuk gedhang selalu dijual bersamaan.

3. Emplek-emplek

Masih seputar oleh-oleh makanan. Emplek adalah olahan dari ketela. Jadi, sari murni dari ketela dibagi menjadi tiga bagian. Bagian paling inti akan diolah menjadi tepung tapioka. Nah, emplek ini adalah olahan sari ketela satu tingkat dibawah calon olahan tepung tapioka.

Makanan ini sangat menarik. Ada cita rasa pedas dan pahit dalam satu gigitan. Menariknya lagi, oleh-oleh khas Kediri Jawa Timur tidak hanya diproduksi di seluruh wilayah Kediri. Hanya ada di bagian paling ujung dari kota ini. Tepatnya di Kecamatan Tarokan.

Saya berani jamin, selain di wilayah Tarokan kalian tidak akan bisa menemukan olahan ini, apalagi di luar wilayah Kediri. Berhubung makanan ini adalah olahan rumahan, maka kalian hanya bisa membelinya dengan takaran per kilogram. Dibandrol dari harga 40 hingga 50 ribu rupiah perkilonya.

Artikel Terkait :  √ 7 Oleh-Oleh Khas Medan Terbaik 2020

4. Opak Lamuk

Jika emplek-emplek adalah olahan versi basah, maka opak lamuk ini adalah olahan versi keringnya. Sama seperti namanya, oleh-oleh khas Kediri Jawa Timur ini berupa opak atau keripik yang sangat lezat. Cita rasa pedas dan pahit tetap menjadi ciri khasnya. Kalian juga bisa request untuk tingkat rasa pedasnya.

Untuk makanan ini dibanderol mulai dari harga 33 hingga 45 ribu rupiah setiap kilonya. Sama seperti olahan emplek, kalian hanya bisa mendapatkan makanan ini dari daerahnya langsung, yaitu di wilayah Tarokan-Kediri.

5. Jagung Marning

Jika yang sebelumnya adalah olahan ketela, maka selanjutnya kita akan mengulas oleh-oleh khas Kediri Jawa Timur yang menggunakan jagung sebagai bahan dasarnya. Jadi, marning ini adalah jajanan ringan berupa jagung yang digoreng di dalam minyak super panas dan api super besar hingga jagung dan pecah.

Jika olahan jagung pada umumnya keras, maka bisa dipastikan jika jagung marning ini sama sekali tidak keras. Bahkan, lansia oun bisa kamu ajak untuk menikmati oleh-oleh khas Kediri yang satu ini. Nah, jika kamu ingin tahu tempat pembuatannya, maka kamu bisa berkunjung ke wilayah Gurah-Kediri.

Bahkan, oleh-oleh khas Kediri Jawa Timur ini sudah produksi sejak puluhan tahun lalu. Dan yang menjadikan menarik adalah, meski sudah memasuki era modern, alat yang mereka gunakan masih tetap alat tempo dulu. Mulai dari tungku, wajan tanah, bahkan bahan bakar yang masih menggunakan kayu bakar.

6. Sambel Pecel

Pastinya kamu tidak akan asing lagi dengan olahan yang satu ini. Mungkin kamu akan bertanya-tanya, bagaimana bisa pecel menjadi oleh-oleh khas Kediri sedangkan di Madiun juga ada pecel? Nah, jawabannya adalah ada pada cita rasa dan penyajiannya.

Walaupun sama-sama terbuat dari kacang tanah sebagai bahan dasarnya, tapi pecel yang menjadi oleh-oleh khas Kediri Jawa Timur dengan pecel yang menjadi ciri khas Madiun sangat berbeda. Perbedaan paling dasarnya ada pada cita rasa.

Mungkin setiap orang akan memiliki pandangan rasa yang berbeda. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika kamu tidak melupakan oleh-oleh ini ketika berkunjung ke Kediri. Sambel pecel ini juga bisa tahan hingga 3 bulan dalam suhu ruang. Sangat cocok untuk dibawa bepergian sebagai pelengkap bahan makanan kalian.

7. Pelem Podang

Sekali lagi, kamu pasti akan bingung karena hampir di setiap daerah di wilayah Indonesia ini memiliki pohon mangga yang akan berbuah setiap musimnya. Lalu, kenapa justru mangga menjadi salah satu oleh-oleh khas Kediri Jawa Timur yang tidak boleh dilupakan ketika berkunjung.

Hal ini dikarenakan, mangga yang biasa kamu temui dan konsumsi sangat berbeda dengan mangga yang ada di Kediri ini. Pelem Podhang ini memiliki karakteristik buah yang mungil, berwarna oranye, daging buah tebal dengan kulit yang tipis, serta harum buah yang menyerupai mangga arumanis.

Sekali lagi, saya juga berani bertaruh, apabila kalian nanti menemukan mangga jenis ini selain di Kediri, bisa dipastikan mangga tersebut di suplai dari Kediri juga. Sebenarnya nama Podhang sendiri diambil dari nama tempat dimana buah ini berasal, yaitu Sumber Podhang. Kalian harus mencoba oleh-oleh khas Kediri Jawa Timur ini dan menikmati perbedaannya.

Nah, di atas merupakan rangkuman dari sekumpulan oleh-oleh khas Kediri yang mana dapat kalian buru ketika berkunjung ke sana. dan ada sedikit ulasan tentang buah tangan khas medan Selengkapnya >>>

Avatar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *