√ Oleh-Oleh Khas Banyuwangi Jawa Timur Makanan & Kerajinan

3 min read

Kota Banyuwangi sering dijuluki Bumi Blambangan karena wilayahnya dikelilingi pantai. Banyak pesona wisata yang bisa anda kunjungi contohnya fenomen blue fire di Kawah Ijen. Tidak hanya itu saja, Banyuwangi menyuguhkan wisata pantai dengan pasir putih yang cantik. Hingga taman nasional yang membentang luas di beberapa titik wisata.

Sepulang dari berlibur anda bisa membeli oleh-oleh khas Banyuwangi, adalah salah satu andalan di provinsi Jawa Timur selain oleh-oleh khas dari kediri dengan harga yang murah, berikut adalah contohnya:

7 Oleh-Oleh Khas Banyuwangi

1. Kopi Banyuwangi

All Image From : tokopedia & Shopee

Kota Banyuwangi tidak hanya terkenal dengan padang savanna eksotis, di kawasan Taman Nasional Baluran. Tetapi juga salah satu daerah penghasil kopi terbesar di Indonesia dan menjadi tren kopi masa kini. Kualitas kopi menduduki peringkat keempat setelah Jamaica, Hawai, dan Toraja. Tradisi minum kopi sudah berlangsung sejak lama di Banyuwangi, dan disimbolkan lewat ungkapan sekali seduh kita bersaudara.

√ Harga Kopi Banyuwangi

Kopi Kemiren menjadi brand kopi milik masyarakat Desa Adat Osing Kemiren. Ada juga Kopi Lanang dengan bentuk biji kopi bulat sempurna, dan diproduksi di daerah Kalibaru. Sedangkan Kopi Seblang diproduksi oleh Kelompok Tani Suko Makmur, dengan varian robusta sampai luwak. Untuk Kopi Kemiren dan Lanang diberi rata-rata harga 50 ribu, sedangkan Kopi Seblang 25-40 ribu. Anda bisa membelinya di toko oleh-oleh dekat kawasan wisata.

2. Batik Banyuwangi

Pada dasarnya masyarakat Jatim mempunyai keahlian nyanting untuk membuat batik-batik cantik. Sama halnya dengan masyarakat Banyuwangi, yang memiliki beragam motif khas batik yang memikat para pengunjung. Batik Banyuwangi kerap dijadikan oleh-oleh khas Banyuwangi yang diburu oleh wisatawan. Anda bisa menemukannya di desa-desa yang khusus menjual kain batik, dan punya pengrajin batik yang sudah diakui kemampuannya.

Artikel Terkait :  Daftar Oleh-Oleh Khas Kediri Jawa Timur Yang Terkenal

√ Harga Batik Banyuwangi

Motif batik yang paling populer ialah corak Gajah Oling yang berbentuk seperti kembang. Jika diperhatikan detail motifnya mirip dengan kuping gajah, terkadang ada yang seperti corak belalai Gajah. Batik Banyuwangi juga mempunyai motif unggulan seperti Kangkung Setingkes, Sembruk Cacing, dan Gedhengan. Untuk harga kain batik Banyuwangi bermacam-macam, biasanya sekitar 300 ribu sampai 1 juta rupiah tergantung jenis coraknya.

3. Kue Bagiak

Makanan ringan khas kota Banyuwangi ini selalu diburu wisatawan, karena rasanya gurih dan renyah. Kue Bagiak terbuat dari tepung sagu lalu dicampur dengan susu dan kayu manis. Ukuran kue dibentuk sepanjang jari telunjuk orang dewasa dan terlihat padat. Ada berbagai varian rasa yang bisa anda pilih mulai dari vanilla, pandan, durian, dan lainnya. Pengunjung bisa mendapatkan Kue Bagiak di seluruh pusat oleh-oleh di kota Banyuwangi.

√ Harga Kue Bagiak

Biasanya para wisatawan memborong Kue Bagiak sampai beberapa kardus, sebagai buah tangan untuk kerabat dekat. Oleh-oleh khas Banyuwangi ini bisa dibeli dengan harga 20-25 ribu setiap bungkus. Harga kue yang ekonomis tidak perlu membuat anda ragu untuk membelinya dalam jumlah banyak. Selain itu paduan rasa manis dan sedikit gurih membuat Kue Bagiak sangat cocok disantap saat bersantai.

4. Kue Ladrang

Camilan kering Ladrang terbuat dari ubi kuning atau ubi ungu, yang dicampur dengan tepung kanji. Bentuknya seperti mi panjang tetapi versi yang agak pendek, cara memasaknya pun dengan digoreng. Kandungan ubi didalamnya bisa memberi nutrisi untuk tubuh. Ladrang juga dipercaya bisa mengobati beberapa penyakit jika dikonsumsi secara teratur. Makanan ini mengandung beta karoten dan serat jadi baik dimakan saat diet.

√ Harga Kue Ladrang

Kudapan khas Banyuwangi ini mempunyai dua varian ras, yaitu rasa bawang dan rasa keju. Anda bisa membelinya dalam bentuk kemasan atau kiloan di gerai oleh-oleh khas Banyuwangi. Untuk per kilogram Kue Ladrang anda bisa membelinya dengan harga 38 ribu. Sedangkan per kemasan sekitar 15-20 ribu tergantung dari jenis varian yang dipilih. Camilan Ladrang bisa dinikmati saat mengobrol dengan keluarga terdekat, dan ditemani secangkir teh hangat.

Artikel Terkait :  √ 7 Oleh-Oleh Khas Medan Terbaik 2020

Baca Juga: oleh-oleh khas kediri | oleh-oleh khas Medan

5. Rengginang

Bagi anda yang menyukai jajanan tradisional, Banyuwangi mempunyai rengginang untuk dijadikan oleh-oleh. Mungkin camilan ini bisa ditemukan dimana saja tidak harus pergi jauh-jauh ke Banyuwangi. Namun rasa rengginang khas Bumi Blambangan ini sedikit berbeda dengan rasa gurih yang mendominasi. Rasa istimewa yang dimiliki rengginang berasal dari olahan yang dikeringkan dalam oven. Setelah itu rengginang diangkat lalu digoreng dalam tungku besar.

√ Harga Rengginang

Rengginang terbuat dari beras ketan yang sudah dikukus matang, lalu diaduk dan diberi sedikit garam. Uniknya rengginang dibentuk bundar alami dan datar dengan tangan tanpa memakai cetakan. Jadi saat digoreng bentuk rengginang akan mengembang sempurna dan renyah saat digigit. Oleh-oleh khas banyuwangi tersedia dalam rasa terasi, udang, dan cumi-cumi. Anda bisa membelinya dengan harga 25-30 per kilogram dalam keadaan siap disantap.

6. Pisang Sale

Bagi penggemar pisang mungkin bisa mencoba olahan pisang dari kota Banyuwangi. Berbeda dari pisang sale umumnya, camilan ini punya paduan manis dan gurih dalam sekali gigitan. Cara pembuatannya cukup mudah yaitu buah pisang diiris tipis, lalu dijemur dibawah terik matahari. Proses pengeringan yang cukup lama membuat rasa pisang sale menjadi gurih. Sedangkan rasa manisnya berasal dari buah pisang alami tanpa pemanis buatan.

Pisang sale terdiri dari dua jenis yaitu sale pisang kering dan basah, dengan proses pengolahan yang berbeda. Pada pisang sale basah, buah pisang yang dibentuk pipih lalu digulung setelahnya masukkan dalam oven. Setiap jenis pisang sale dipatok harga yang berbeda, karena tingkat kerumitan cara pembuatannya tidak sama.

√ Harga Pisang Sale

Oleh-oleh khas Banyuwangi ini dijual dengan harga yang murah 10-40 ribu, tergantung jenis pisang sale dan isinya. Untuk pisang sale kering biasanya dibanderol harga 10-30 ribu per kemasan sesuai dengan banyak isinya. Sedangkan pisang sale basah harganya antara 25-40 ribu karena cara pengolahannya sedikit rumit. Oleh-oleh pisang sale bisa anda temukan di beberapa toko oleh-oleh sekitar lokasi kawasan wisata, terutama di kecamatan genteng.

Artikel Terkait :  √ 8 Oleh-Oleh Khas Madiun yang Paling Terkenal

7. Kerajinan Gintangan

Masyarakat Banyuwangi dikenal dengan kemahiran mereka, dalam membuat anyaman kerajinan tangan. Salah satunya produk anyaman bambu dari Desa Gintangan, yang tidak pernah sepi pengunjung. Keterampilan ini sudah dimiliki para perajin sejak turun temurun, jadi tidak heran jika penduduk Desa Gintangan mahir menganyam. Para perajin membuat anyaman yang dibuat dalam berbagai bentuk, dengan beragam gradasi warna yang cantik.

√ Harga Kerajinan Gintangan

Keranjang buah dan kue, hiasan lampu gantung, serta peralatan dapur menjadi produk unggulan Desa Gintang. Setiap produk tersebut dijual dengan kisaran harga 20 ribu sampai 200 ribu tergantung kerumitan anyaman. Sedangkan untuk ornamen dinding dipatok harga 1 juta per buah karena memerlukan skill seni yang tinggi. Hebatnya produk-produk ini sudah merambah dunia internasional dan disukai oleh pasar luar negeri.

Jika anda mampir ke Kota Banyuwangi jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khasnya. Bumi Blambangan ini menyediakan beragam oleh-oleh yang bisa dijadikan buah tangan untuk kerabat. Anda bisa berburu banyak camilan, kue, atau kain batik dengan corak cantik. Jika sempat berkunjung ke Desa Gintangan, mungkin bisa membeli produk kerajinan tangannya. Buah tangan Banyuwangi rata-rata berharga terjangkau jadi bisa langsung diborong.

Avatar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *